TOPIK 5 PENDEKATAN, STRATEGI, METODE, DAN TEKNIK PEMBELAJARAN YANG DITERAPKAN SEBAGAI SCAFFOLDING PADA ZPD
TOPIK 5 PENDEKATAN, STRATEGI, METODE, DAN TEKNIK PEMBELAJARAN YANG DITERAPKAN SEBAGAI SCAFFOLDING PADA ZPD
Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan
Hana
Septiani Dinila
NPM.
039223339
Guru Kelas – A
Pada topik 5 yang saya pikirkan sebelum
memulai proses pembelajaran yaitu bagaimana pendekatan, strategi, metode, dan
teknik pembelajaran dpaat diterapkan sebagai scaffolding pada ZPD dalam proses
pembelajaran.
Setelah saya mempelajari topik ini saya
mengetahui bahwa pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran sebagai
scaffolding pada ZPD memiliki peran penting dalam proses pembelajaran. Hal
tersebut perlu diperhatikan oleh guru untuk merancang pembelajaran yang sesuai
dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik dalam menciptakan proses
pembelajaran yang aktif dan bermakna. Pendekatan yang dilakukan untuk menunjang
ZPD yaitu dengan scaffolding atau pemberian bantuan dan bimbingan secara
bertahap yang dilakukan guru ataupun teman sebayanya yang lebih mahir. Selain
itu, guru juga perlu menyesuaikan strategi, metode, dan teknik pembelajaran
yang tepat untuk meningkatkan ZPD peserta didik agar tujuan pembelajaran dapat
tercapai.
Pada alur ruang kolaborasi setiap kelompok
melakukan diskusi terkait pandangan masing-masing terhadap pendekatan,
strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang diterapkan sebagai scaffolding
pada ZPD yang mempengaruhi proses pendidikan serta pembelajaran. Selain itu,
pandangan tentang kesiapan mengajar dengan memperhatikan pendekatan, strategi,
metode, dan teknik pembelajaran yang diterapkan sebagai scaffolding pada ZPD
pada peserta didik. Setiap kelompok menyampaikan pendapatnya, secara
keseluruhan kami memiliki pandangan yang sama terkait pentingnya memahami pendekatan,
strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang diterapkan sebagai Scaffolding
pada ZPD pada peserta didik. Sehingga dapat diketahui bahwa seorang guru perlu
memahami karakteristik, kemampuan, dan kebutuhan peserta didik sebagai
pertimbangan bagi guru dalam merencanakan kegiatan pembelajaran yaitu dengan
menentukan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang tepat
sebagai scaffolding pada ZPD peserta didik. ZPD dan scaffolding diberikan sebagai bantuan yang dilakukan secara
bertahap, membantu peserta didik untuk mencapai potensi maksimalnya dan
mengembangkan pemahaman, keterampilan, dan kemampuan yang lebih tinggi dari
hasil kolaborasi, interaksi sosial, dan bimbingan selama proses pembelajaran.
Hal penting yang saya peroleh yaitu
pentingnya memahami pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang
diterapkan sebagai scaffolding pada ZPD. Pada konsep ini seorang guru perlu
memhami karakteristik, pemahaman dan kebutuhan belajar peserta didik. Guru
berperan sebagai fasilitator yang akan memberikan pembelajaran bermakna dengan
menentukan strategi, metode, pendekatan, dan teknik pembelajaran yang tepat
untuk meningkatkan ZPD melalui scaffolding.
Sejauh ini yang saya pahami terkait topik ini
yaitu penerapan scaffolding untuk meningkatkan ZPD peserta didik sangat penting
dilakukan. Guru perlu memperhatikan pendekatan, strategi, metode, dan teknik
pembelajaran yang tepat untuk menunjang scaffolding tersebut. Pemberian scaffolding
dilakukan secara bertahap sesuai dengan tingkat pemahaman peserta didik dan
mendorong peserta didik untuk berpikir kritis.
Koneksi antar materi pada topik ini yaitu berkaitan dengan beberapa mata kuliah seperti Filosofi Pendidikan, Pemahaman Peserta Didik dan Pembelajarannya, serta Prinsip Pengajaran dan Asesmen I. Keterkaitan antara topik ini dengan Filosofi Pendidikan yaitu bahwa kebudayaan dan pendidikan memiliki relasi yang kuat sehingga dapat menciptakan identitas manusia. Kaitannya dengan Pemahaman Peserta Didik dan Pembelajarannya yakni cara pendidik dalam memahami karakteristik, kebutuhan dan kemampuan peserta didik agar dapat mengembangkan pembelajaran yang efektif dan bermakna. Penerapan pembelajaran berdiferensiasi (DAP) diterapkan untuk mengakomodasi peserta didik berdasarkan perbedaan karakteristiknya. Selain itu, Prinsip Pengajaran dan Asesmen I, berkaitan dengan ai dengan tingkat capaian dan karakteristik peserta didik sesuai dengan prinsip Teaching at The Right Level (TaRL). Sehingga pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang diterapkan sebagai Scaffolding pada ZPD merupakan cara yang digunakan oleh guru untuk membantu peserta didik mencapai potensi belajarnya dengan memberikan dukungan yang tepat.
Setelah mempelajari topik ini, manfaat yang diperoleh yaitu dapat memiliki pemahaman mengenai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang diterapkan sebagai Scaffolding pada ZPD. Sehingga seorang guru perlu memahami karakteristik, kebutuhan dan tingkat kemampuan peserta didik untuk menciptakan proses pembelajaran aktif, efektif, dan bermakna serta tercapainya tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Kesiapan saya dalam yaitu skala 8, meskipun saya memahami mengenai penerapan ZPD pada proses pembelajaran tetapi saya masih perlu memahami lebih lanjut pendekatan, strategi, dan pembelajaran yang diterapkan sebagai scaffolding pada ZPD. Selain itu, penyesuaian rancangan pembelajaran yang dapat menunjang peserta didik memahami materi sesuai dengan tingkat ZPD.

Comments
Post a Comment