TOPIK 1 – AKSI NYATA REFLEKSI PERSPEKTIF SOSIAL, BUDAYA, EKONOMI, DAN POLITIK DALAM PENDIDIKAN DI INDONESIA

 Hana Septiani Dinila 

Guru Kelas A PPG Prajabatan Gelombang I 2023

Mata Kuliah : Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan


        Sebelum saya memulai proses pembelajaran tentang perspektif sosiokultural yang saya pikirkan yaitu bagaimana keberagaman sosial, budaya,  ekonomi dan politik dapat mempengaruhi proses pendidikan.  

        Setelah mempelajari topik ini saya mengetahui teori dan konsep mengenai sosiokultural, pendidikan multikultural, mediasi, dan potensi belajar serta faktor-faktor keberagaman sosial, budaya, ekonomi, dan politik dapat mempengaruhi pendidikan di berbagai daerah. 

        Dalam kegiatan ruang kolaborasi saya mempelajari mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi pendidikan di berbagai wilayah Indonesia seperti faktor sosial, ekonomi, budaya, dan politik. Selain itu, penerapan strategi pembelajaran yang dilakukan untuk mengatasi faktor-faktor tersebut agar siswa yang ada di daerah terpecil tetap mendapat pendidikan yang layak.

        Hal penting yang saya peroleh bahwa materi pembelajaran ini dapat diimplementasikan dalam pembelajaran seperti penerapan kurikulum merdeka yang menerapkan proses pembelajaran berdiferensiasi dengan memperhatikan setiap karakteristik dan latar belakang siswa serta pembelajaran yang berpihak pada siswa.

        Sejauh ini yang saya pahami dari mempelajari topik ini yaitu bahwa pengaruh sosiokultural dan pendidikan multikulturalisme dalam proses pembelajaran yang mengedepankan konsep pentingnya keberagaman budaya dan pluralisme sosial serta etnis dalam pendidikan. Selain itu, mengetahui mengenai teori vigotsky dan sosiokultural sebagai alat psikolgis dan mediasi. Hal lain yang  ingin saya pelajari yaitu penerapan strategi pembelajaran yang dapat mendukung setiap kebutuhan siswa dengan latar belakang yang berbeda-beda. 

        Materi perspektif sosiokultural saling berkaitan dengan materi pada mata kuliah lain seperti filosofi pendidikan,  pemahaman tentang peserta didik dan pembelajarannya, prinsip pengajaran dan asesmen, serta perancangan dan pengembangan kurikulum. Pada mata kuliah tesebut menekankan setiap siswa memiliki karakteristik dan latar belakang yang berbeda-beda seperti keberagaman sosial, budaya, ekonomi, dan politik sehingga perlu menciptakan proses pembelajaran yang berpihak pada siswa dan penggunaan perangkat pembelajaran yang sesuai dengan potensi dan kebutuhan serta latar belakangnya agar tercapainya tujuan pembelajaran yang diharapkan.

        Manfaat yang diperoleh yaitu untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi siswa yang memiliki latar belakang yang berda-beda di kelas seperti sosial, budaya, ekonomi, dan politik. Kesiapan saya saat ini berada dalam skala 7, karna masih banyak hal yang perlu dipelajari mengenai sosiokultural dalam pendidikan. Adapun yang perlu saya siapkan yaitu mempelajari lebih lanjut mengenai sosiokultural pendidikan dan penerapannya dalam proses pembelajaran.


Comments

Popular posts from this blog

TOPIK 6 ISU-ISU PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DALAM PERSPEKTIF SOSIAL, BUDAYA, EKONOMI, DAN POLITIK

TOPIK 3 PERSPEKTIF SOSIAL, BUDAYA, EKONOMI DAN POLITIK DALAM PEMBELAJARAN

TOPIK 4 PEMBELAJARAN PADA ZONE OF PROXIMAL DEVELOPMENT (ZPD)