TOPIK 2 KONSEP DASAR PERSPEKTIF SOSIOKULTURAL DALAM PENDIDIKAN
TOPIK 2 KONSEP DASAR PERSPEKTIF SOSIOKULTURAL DALAM PENDIDIKAN
Hana Septiani Dinila
NPM. 039223339
GK. A
Perspektif sosiokultural dalam
pendidikan
Sebelum saya memulai proses pembelajaran pada topik 2 mata kuliah perspektif sosiokultural, yang saya pikirkan adalah bagaimana perspektif sosiokultural dan status sosial ekonomi (SES) dapat mempengaruhi keberhasilan pendidikan seseorang.
Setelah
saya mempelajari topik ini saya mengetahui materi dan konsep-konsep mengenai
perspektif sosiokultural dalam pendidikan yang menekankan pentingnya konteks
sosial, budaya, dan interaksi dalam pembelajaran. Selain itu, saya mempelajari teori
status sosioekonomi (SES) yang sangat mempengaruhi perkembangan pendidikan
seorang anak.
SES
berkaitan dengan status ekonomi seseorang dalam masyarakat yang diukur
berdasarkan faktor pendapatan, pendidikan, dan pekerjaan. Siswa dengan SES yang
rendah bisa memiliki keterbatasan dalam akses pendidikan seperti keberhasilan,
dukungan, dan motivasi belajar, sedangkan siswa yang memiliki SES yang tinggi akan
memiliki kesempatan pendidikan yang lebih baik dan berkualitas. Hal ini dapat
mengakibatkan ketidaksetaraan dalam pendidikan. Oleh sebab itu materi ini
mempelajari dalam menentukan langkah-langkah dan solusi dari permasalahan yang
diakibatkan oleh SES berdasarkan konsep psikologi dan mediasi sosiokultural.
Dalam
ruang kolaborasi saya mempelajari melalui studi kasus melalui buku “Belajar
Berdemokrasi, dari buku Mengajar untuk Perubahan, hal 58-75”, “Ray Sang Pecandu
Online Game, dari buku Mengajar untuk Perubahan, hal 76-92”, dan “Literasi
Dasar, dari Buku Melawan Setan Bermata Runcing: Pengalaman Gerakan Pendidikan
Sokola, hal 125-156”. Studi kasus tersebut mengenai faktor sosioal, ekonomi,
budaya, dan politik yang dapat mempengaruhi pendidikan serta penerapan strategi
pembelajaran untuk menciptakan proses pembelajaran yang mendukung bagi semua
siswa.
Hal
penting yang saya peroleh dari mempelajari konsep materi ini yaitu bahwa
perspektif sosiokultural dan status sosioekonomi (SES) sangat berpengaruh dalam
dunia pendidikan. Selain itu saya juga mendapatkan pengetahuan dan pemahaman
dari menganalisis studi kasus tersebut mengenai permasalahan pendidikan yang dihadapi.
Sejauh
yang saya pahami dari mempelajari topik ini bahwa SES berpengaruh dalam dunia pendidikan
terutama pada interaksi belajar siswa. Pendidikan perlu diberikan kepada setiap
kalangan karena setiap anak memiliki hak untuk memperoleh pendidikan dalam
rangka mengembangkan pribadinya sesuai dengan minat, bakat, dan tingkat
kecerdasannya. Hal baru yang merubah pemahaman saya yaitu proses pendidikan
perlu memperhatikan latar belakang dan karakteristik siswa serta menciptakan
pembelajaran yang berpusat pada siswa sehingga proses pembelajaran dapat
berjalan sesuai kebutuhannya. Berdasarkan hal tersebut yang ingin saya pelajari
lebih dalam yaitu bagaimana proses penerapan metode dan model pembelajaran yang
dapat mendukung kebutuhan siswa dengan latar belakang dan karakterstik beranekaragam.
Materi
perspektif sosiokultural saling berkaitan dengan materi pada mata kuliah lain
seperti pemahaman pembelajaran peserta didik, prinsip pengajaran dan asesmen,
serta filosofi pendidikan. Pada mata kuliah tersebut pembelajaran paradigma baru
berpusat pada siswa sehingga perencanaan dan asesmen harus efektif sesuai
kondisi siswa, serta faktor SES melandasi guru dalam memahami latar belakang
siswa dan pembelajarannya sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan
baik.
Setelah
mempelajari perspektif sosiokultural manfaat yang diperoleh yaitu untuk
mempersiapkan diri untuk memahami kondisi setiap latar belakang siswa agar
menciptakan kesetaraan dan pendidikan yang adil bagi semua siswa. Kesiapan saya
saat ini berada dalam skala 7 karena masih banyak hal yang perlu dipelajari dan
dipersiapkan untuk memahami perspektif sosiokultural dalam pendidikan. Maka hal
yang perlu saya persiapkan yaitu mempelajari lebih lanjut melalui berbagai
macam literatur maupun referensi mengenai perspektif sosiokultural dan
penerapannya dalam pendidikan.
kiw kiw cukurukuk mpojeru
ReplyDelete