TOPIK 2 KONSEP DASAR PERSPEKTIF SOSIOKULTURAL DALAM PENDIDIKAN

 

TOPIK 2 KONSEP DASAR PERSPEKTIF SOSIOKULTURAL DALAM PENDIDIKAN 

Hana Septiani Dinila

NPM. 039223339

GK. A

Perspektif sosiokultural dalam pendidikan



Sebelum saya memulai proses pembelajaran pada topik 2 mata kuliah perspektif sosiokultural, yang saya pikirkan adalah bagaimana perspektif sosiokultural dan status sosial ekonomi (SES) dapat mempengaruhi keberhasilan pendidikan seseorang.

Setelah saya mempelajari topik ini saya mengetahui materi dan konsep-konsep mengenai perspektif sosiokultural dalam pendidikan yang menekankan pentingnya konteks sosial, budaya, dan interaksi dalam pembelajaran. Selain itu, saya mempelajari teori status sosioekonomi (SES) yang sangat mempengaruhi perkembangan pendidikan seorang anak.


SES berkaitan dengan status ekonomi seseorang dalam masyarakat yang diukur berdasarkan faktor pendapatan, pendidikan, dan pekerjaan. Siswa dengan SES yang rendah bisa memiliki keterbatasan dalam akses pendidikan seperti keberhasilan, dukungan, dan motivasi belajar, sedangkan siswa yang memiliki SES yang tinggi akan memiliki kesempatan pendidikan yang lebih baik dan berkualitas. Hal ini dapat mengakibatkan ketidaksetaraan dalam pendidikan. Oleh sebab itu materi ini mempelajari dalam menentukan langkah-langkah dan solusi dari permasalahan yang diakibatkan oleh SES berdasarkan konsep psikologi dan mediasi sosiokultural.

Dalam ruang kolaborasi saya mempelajari melalui studi kasus melalui buku “Belajar Berdemokrasi, dari buku Mengajar untuk Perubahan, hal 58-75”, “Ray Sang Pecandu Online Game, dari buku Mengajar untuk Perubahan, hal 76-92”, dan “Literasi Dasar, dari Buku Melawan Setan Bermata Runcing: Pengalaman Gerakan Pendidikan Sokola, hal 125-156”. Studi kasus tersebut mengenai faktor sosioal, ekonomi, budaya, dan politik yang dapat mempengaruhi pendidikan serta penerapan strategi pembelajaran untuk menciptakan proses pembelajaran yang mendukung bagi semua siswa.

Hal penting yang saya peroleh dari mempelajari konsep materi ini yaitu bahwa perspektif sosiokultural dan status sosioekonomi (SES) sangat berpengaruh dalam dunia pendidikan. Selain itu saya juga mendapatkan pengetahuan dan pemahaman dari menganalisis studi kasus tersebut mengenai permasalahan pendidikan yang dihadapi.

Sejauh yang saya pahami dari mempelajari topik ini bahwa SES berpengaruh dalam dunia pendidikan terutama pada interaksi belajar siswa. Pendidikan perlu diberikan kepada setiap kalangan karena setiap anak memiliki hak untuk memperoleh pendidikan dalam rangka mengembangkan pribadinya sesuai dengan minat, bakat, dan tingkat kecerdasannya. Hal baru yang merubah pemahaman saya yaitu proses pendidikan perlu memperhatikan latar belakang dan karakteristik siswa serta menciptakan pembelajaran yang berpusat pada siswa sehingga proses pembelajaran dapat berjalan sesuai kebutuhannya. Berdasarkan hal tersebut yang ingin saya pelajari lebih dalam yaitu bagaimana proses penerapan metode dan model pembelajaran yang dapat mendukung kebutuhan siswa dengan latar belakang dan karakterstik beranekaragam.

Materi perspektif sosiokultural saling berkaitan dengan materi pada mata kuliah lain seperti pemahaman pembelajaran peserta didik, prinsip pengajaran dan asesmen, serta filosofi pendidikan. Pada mata kuliah tersebut pembelajaran paradigma baru berpusat pada siswa sehingga perencanaan dan asesmen harus efektif sesuai kondisi siswa, serta faktor SES melandasi guru dalam memahami latar belakang siswa dan pembelajarannya sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik.

Setelah mempelajari perspektif sosiokultural manfaat yang diperoleh yaitu untuk mempersiapkan diri untuk memahami kondisi setiap latar belakang siswa agar menciptakan kesetaraan dan pendidikan yang adil bagi semua siswa. Kesiapan saya saat ini berada dalam skala 7 karena masih banyak hal yang perlu dipelajari dan dipersiapkan untuk memahami perspektif sosiokultural dalam pendidikan. Maka hal yang perlu saya persiapkan yaitu mempelajari lebih lanjut melalui berbagai macam literatur maupun referensi mengenai perspektif sosiokultural dan penerapannya dalam pendidikan.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

TOPIK 6 ISU-ISU PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DALAM PERSPEKTIF SOSIAL, BUDAYA, EKONOMI, DAN POLITIK

TOPIK 3 PERSPEKTIF SOSIAL, BUDAYA, EKONOMI DAN POLITIK DALAM PEMBELAJARAN

TOPIK 4 PEMBELAJARAN PADA ZONE OF PROXIMAL DEVELOPMENT (ZPD)